Cara Mudah Membuat Ketupat Untuk hari Raya Lebaran

sensasi rasa
ketupat (dok. pribadi)
Cara mudah membuat ketupat untuk hari raya lebaran. Ketupat merupakan sajian yang terbuat dari bahan utama beras yang dimasak dengan memasukkannya ke dalam anyaman daun kelapa muda atau janur kelapa. Ketupat sudah menjadi makanan yang harus selalu ada di hari raya lebaran. Ketupat biasanya disantap dengan opor ayam, rendang, semur, dan olahan daging lainnya khas hari raya lebaran. Selain ketupat masih ada sajian yang sejenis dengan menggunaka bahan dasar beras pula seperti lontong dan lemang, namun ketupat telah menjadi ikon hari raya lebaran.

Selain disajikan sebagai makanan khas hari raya lebaran, ketupat juga banyak dijumapi di hari-hri biasa. Pasalnya banyak berbagai makana yang mengguakan ketupat sebagi bahan pendampingnya bahakan sebagai bahan utamanya. Beberapa makanan seperti kupat tahu (makanan asal Sunda), katupat kandangan (makanan dari Banjar), grbag (makan dari magelang), kupat glabet (makan dari Kota Tegal), coto Makassar (makanan dari Makassar), tipat cantok (makanan dari Bali). Selain makanan yang menggunakan bahan dasar ketupat,ada juga hidangan yang pada umumnya dihidangkan dengan ketupat seperti, sate,loek, gado-gado, dan batagor.

Ketupat ini merupakan makan yang berasal dari Asia tenggara maritim, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darusssalam, dan Filipina. Selain di Indonesia, ketupat juga menjadi sajian hari raya lebaran  di negeri jiran Malaysia, di sana ketupat menjadi sajian khas lebaran selain lemang, biasanya ketupat ini di sana disajikan bersama rendang. Eksisnya ketupat di Indonesia, Malaysia, Brunei darussalam, dan Filipina ini menandakan budaya kita (Indonesia) memliki kesamaan dengan budaya mereka. Memang kita dengan mereka adalah serumpun dan memiliki sejarah dan budaya yang sama.

Nah, di bawah ini akan dibahas cara membuat ketupat yng mudah, supaya dapat dilakukan oleh para pemula. Silahkan dibaca sampai selesai.

Bahan utama:

  • 3 liter beras atau secukupnya sesuai kebutuhan
  • garam dapur secukupnya
  • bungkus ketupan kosong dari anyaman daun kelapa) sebanyak 40 buah atau sesuai kebutuhan
  • air secukupnya
Cara pembuatan:
  • Siapkan wadah yang besar, kemudian masukkan beras dan air ke dalamnya, dan cuci berasnya.
  • Cuci beras sampai bersih. Sebab tingkat kebersihan beras dapat berpengaruh pada tingkat ketahanan ketupat itu. Beras yang kurang bersih ketika dicuci, akan menyebabkan ketupat mudah basi dan tidak tahan lama.
  • Setelah selesai dicuci, tiriskan sampai kering.
  • Setelah diriskan, campurkan garam darue secukupnya pada beras. Garam selain berfungsi sebagai pemebri rasa pada ketupat, juga berperan sebagai zat pengawet alami, yang menjadikan ketupat tahan lebih lama.
  • Setelah itu, masukkan beras yang telah diberi garam tadi ke dalam cangkang ketupat. Isi cangkang ketupat dengan beras jangan terlalu sedikit dan jangan terlalau penuh sisakan 1/3 ruangan di dalam cangkang ketupatnya. Apabila diisi beras terlalu sedikit hasilnya akan lembek seperti bubur ini tidak akan membuat ketupat bertahan lama dan cepat basi karena kandungan airnya tinggi. Sedangkan ketupat yang diisi beras terlalu penuh, ini akan meneyebakan ketupat keras dan tidak enak dimakan.
  • Isi cangkang ketupat dengan beras sampai selesai.
  • Setelah semua selesasi, siapkan panci berukuran besar, masukkan air dan panaskan sampai mendidih. 
  • Setelah air mendidih masukkan adonan ketupat dan rebus. (sebelum merebus ketupat usahakan air untuk merebusnya sudah mendidih, apabila merebus ketupat menggunakan air yang belum mendidih atau masih dalam keadaan dingin telah dimasukan  ketupat kedalamnya, ini akan menyebabkan ketupat mudah basi).
  • Setelah ketupat di masukkan ke dalam air mendidih, rebus ketupat sampai matang kira selama 30 menit (sampai mengeras). 
  • Setelah ketupat matang, dangat dan tiriskan dengan cara digantung. Metode menggantung ketupat seperti menjemur pakaian ini bertujuan agar air sisa rebusan yang terbawa dalam ketupat bisa menetes semuanya. Aoabila ketupat setelah diangkat dari rebusannya tidak digantung ini akan menyebabkan ketupat lembek dan tidak akan bertahan lama.
Nah, itu adalh cara mudah membuat ketupat untuk hari raya lebaran. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu untuk kamu yang seddang kebingungan dalam membuat ketupat ini. Cukup sekian dulu dan selamat mencoba

No comments for "Cara Mudah Membuat Ketupat Untuk hari Raya Lebaran"