Resep Nasi Goreng Sederhana Yang Enak

Resep nasi goreng sederhana yang enak. Dari berbagai kuliner asli Indonesia, nasi goreng menempati posisi yang istimewa. Pasalnya, makanan ini dapat dengan mudah di dapatkan, dari pedangang kaki lima, restoran, hinggan di luar negeri pun ada. Nasi goreng merupakan makanan yang dapat menjangkau berbagai lapisan sosial masyarakat. Berbagai lapisan masyarakat, dari orang ekonomi rendah, ekonomi menengah, hingga kalangan ekonomi tinggi pasti pernah menyantap nasi goreng ini.

Indonesia nasi goreng umumnya disantap ketika sarapan, tetapi banyak juga nasi goreng sebagai menu makan siang dan makan malam. Pasalnya para pedang nasi goreng di pinggir jalan (pedangan kaki lima) selalu menjajakan nasi goreng pada waktu malam.cara pembuatannya yang mudah nasi goreng merupakan salah satu kuliner yang dapat disantap pada waktu kapan saja, seperti halnua mie instan.

Nasi goreng sendiri merupakan hidangan yang menggunakan nasi sebagai bahan utamanya. Selain nasi sebagai bahan dasarnya, ada juga bumbu yang digunakannya pun tergolong dalam bumbu dasar, seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan garam dapur. namun dalam perkembangannya, nasi goreng mengalami berbagai macam modifikasi, yang menghasilkan banyak varasi dalam nasi goreng ini. 

Awalnya nasi goreng merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan bumbu dasar saja, kini nasi goreng telah menggunakan bermacam bahan dalam pembuatannya. Kalau dulu kita membuat nasi goreng hanya dengan menggunakan bawang merah dan garam saja sudah cukup, tapi sekarang ada yang menggunakan bermacam bahan tambahan, seperti menambahkan telur, sosis, udang, daging, kornet, dan bebagai macam sayuran. dari penambahan bahan ini menandakan bahwa perkembangan dunia kuliner itu sangat dinamis, dan menyesuaikan degan perkembanan zaman dan selera.

Selain itu nasi goreng juga masuk ke dalam daftar mkanan terenak di dunia. Nasi goreng menempati urutan ke dua setelah rendang dalam dafta 50 makanan terlezat di dunia versi CNN Internasional. Jadi kita harus bangga bahwa nsi goreng yang dalam proses pembuatannya tergolong mudah ini masuk dalam posisi runner Up pada daftar makanan terlezat di dunia setelah masakan rendang yang juga merupakan masakan asli Indonesia yang asalnya dari kota Padang provinsi Sumatera barat.

Ada banyak variasi nasi goreng, di antaranya ada nasi goreng ikan asin, yang merupakan nasi goreng yang menggunakan ikan asin dalam pengolahannya. Ada lagi nasi goreng jawa, merupakan nasi goreng yang dalam proses pembuatannya menggunakan sambal ulek. Ada beberapa jenis nasi goreng yang masuk dalam kategori nasi goreng Jawa, di antaranya ada nasi goreng babat Semarang yang menggunakan babat sebagai kelengkapan lauk-pauknya, ada nasi goreng Jawa Tengah dengan tambahan sayur kol dan suwiran daging ayam kampung, terus ada nasi goreng Surabaya dengan pelengkap irisan telur dadar dan risan dagin ayam, dan nasi goreng kampung dari Yogyakarta yang memiliki ciri khas berwarna merah tua dengan tambahan telur mata sapi dan ayam kampung sebagai pelengkapnya, dan masih banyak lahi jenis varian dari nasi goreng ini. Selain nasi goreng varian nasi goreng ikan asin dan nasi goreng Jawa, ada juga varian nasi goreng kambing, yang dalam pembuatannya menggunakan daging kambing, nasi goreng pete (petai) nasi goreng ini menggunakan petai sebagai salah satu bahan campurannya dan memiliki aroma yang khas, selanjutnya ada nasi goreng putih, yang dalam pembuatannya memnggunakan kecap asing, lalu ada nasi goreng pattaya, yang merupakan nasi goreng asal negara gajah putih Thailand, dalam pembuatannya nasi goreng ini dibungkus dengan menggunakantelur dadar, dan masih banyak lagi varian nasi goreng yang lainnya.

Nasi goreng yang banyak beredar di Indonesia saat ini merupaka hasil hasil eksperimen dari orang-orang yang memiliki daya kreativitas dalam dubia kuliner. Mereka tidak mau terpaku dalam satu resep masakan yang baku, mereka menambahkan berbagai macam bahan yang dijadikan sebagai bumbu dasarnya. dari hasil kreatifitasdan inovaasi mereka,sekarang telah banyak berbagai varian dari nasi goreng ini. kalau tidak ada inovasi dalam kuliner nasi goreng ini, mungkin saat ini kita hanya mengenal nasi goreng yang dibuat dengan menggunakan nasi, minyak goreng, bawang merah dan garam saja tanpa ada penambahan bahan lain.

Dari banyaknya variasi nasi goreng di atas yang menggunakan bahan-bahan yang begitu lengkap, tapi dalam artikel ini akan disajikan resep cara pembuatan nasi goreng yang sederhana. Di mana bahan-bahan pembuatannya mudah kita jumpai. Walaupun nasi gorengnya sederhana, namun tidak mengesampingkan kelezatan yang akan diberikan. 

Tanpa berlama lama lagi, mari kita langsung saja kepada resep dan cara pembuatan nasi goreng ini. Nah, ini dia resep nasi goreng sederhana yang enak, silahkan dicatat bahan-bahan dan resepnya.
Bahan-bahan yang diperlukan:
sensasi rasa
ilustrasi nasi goreng (www,flickr.com/photos/telstar/)

  • 500 gram nasi putih
  • 100 gram daging ayam, kemudian cincang sampai halus
  • 1 butir telur ayam, kemudian kocok
  • 1 batang daun bawang, lalu iris-iris
  • 2 sendok makan kecap manis atau sesuai selera
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • garam dapur secukupnya
  • 1 sendok teh merica bubuk
Cara pembuatan nasi goreng:
  • kupas bawang merah dawang putih dari kulitnya dan potong-potong cabe kemudian taruh ke dalam cobek lalu haluskan.
  • selanjutnya ambil wajan tambahkan minyak secukupnya, lalu panaskan. setelah minyak panas masukan satu butir telur yang tekah dikocok ke dalam minyak panas, goreng dan orak-arik sampai telur matang, setelah telur matang sisihkan.
  • setelah itu masukkan bumbu halus ke dalam wajang, tumis sampai matang dan mengeluarkan aroma harum. 
  • setelah tumisan bumbu halus matang, kemudian masukkan cincangan daging ayam, telur, irisan daun bawang ke dalam tumisan bumbu halis tadi, lalu tumis lagi hingga matang, jangan lupa tambahkan kecap, garam, merica aduk-aduk hingga rata dan matang.
  • langkah terakhir masukkan nasi ke dalam tumisan, aduk-aduk nasi hingga bumbu merata dan bercampur bersama nasi.
  • setelah semua dirasa sudah tercampur rata dan matang, angkat nasi dan sajikan di atas piring. 
  • setelah nasi goreng sudah disajikan dalam piring, sebagai pelengkapnya dapat ditambahkkan irisan mentimun, daun kol, sambal goreng taburan bawang goreng, telur mata sapi, dan kerupuk. Dan nasi goreng pun siap untuk disantap
Nah, itu adalah resep nasi goreng sederhana yang enak. Kamu bisa membuat nasi goreng dengan berpedoman pada resep di atas, kamu pun bisa menambahkan beberpa bahan lainnya sesuai dengan selera kamu supaya nasi gorengnya tambah enak. Dalam pembuatan nasi goreng ini sangat mudah, kita pun bisa bereksperimen dengan menggunakan bahan-bahan yang lainnya. Lagi pula dalam perkembangan kuliner itu dinamis, tidak selalu stagnan pada penggunaan satu resep dan bahan tertentu saja. Karena kalau terpaku dalam penggunaan yang itu itu saja, mungkin tidak akan ada variasi dalam nasi goreng ini dan pada masakan lainnya.  

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai resep nasi goreng sederhana yang enak ini. Semoga bermanfaat dan selamat berinovasi.



No comments for "Resep Nasi Goreng Sederhana Yang Enak"