Resep membuat ceker balado yang enak dan nikmat tanpa ribet

Resep membuat ceker balado yang enak dan nimat tanpa ribet. Kita pasti sudah tidak asing agi dengan yang namanya ayam. hewan yang satu ini sering dijadikan sebagi sumberprotein utama bagi orang Indonesia di samping ikan dan telur.  Berbagai olahan makanan dari ayam banyak kita temui dengan mudah di sekitar kita. Memang tidak heran kalau olahan yang berbahan dasar ayam sangat banyak ragamnya. 


Ayam merupakan sumber protein yang bagian tubuhnya bisa dimakan,keculi bulunya. Mungkin di restoran-restoran besar hanya menyajikan olahan ayam bagian paha,dada, dan sayapnya saja. beda halnuya dengan tempat makan pinggir jalan, selain menyajikan olahan auam bagina dada, paha,dana sayapnya, mereka juga kerap menyajikan menu dari bagian ayam lainnya, seperti hati ampela, kepala, usus,dana sampai ceker.


Untuk orang-orang yang berada di kalangan ekonomi menengah ke bawah. Mungkin untuk membeli daging ayan bagian tertenteu seperti dada, paha, dan sayap, cenderung mahal, biasanya mereka membeli bagian ayam yang relatif murah dan terjangkau oleh mereka. Misalnya mereka memeli kepala ayam dan ceker. memang kalau dilihat dari aspek kandungan nurisi, bagian kepala ayam dan ceker tidak akan menyamai kandunagn nutris daging ayam bagian dadanya, malah di negara yang sudah sedkit maju, bagian kepala, jeroan dan ceker ayam masuk ke dalam kategori limbah yang diperuntukkan untuk makanan ternak.

Untuk kamu yang senang makan kepala ayam, jeroan ayam, dan bahkan ceker ayam janga merasa tersinggung oleh anggapan bahwa bagian-bagian ayan seperti sebagai limbah yang diperuntukan untuk makanan ternak. Lain negara lain pula kebiasaannya. Di Indonesia kepala ayam, jeroan, dan cekernya dapat diolah manjadi berbagai jenis masakan yang dapat menggiurkan selera makan kita. Apalagi sekarang bagian ceker ayam dapat diolah menjadi beraneka ragam hidangan yang banyak digemari oleh setiap kalanga. Sekarang ada beraneka sajian kunlineryang menggunakan ceker ayam sebagai pelengkapnya, misalnya seperti mie ayam dan seblak yang mana kedua makanan ini sangat diemari oleh kalangan muda dan bahkan orang tua pun menyukainya.


Walaupun kandungan nutrisi dalam ceker tidak dapat menyamai kandungan nutris dalam dada ayam yang mana bagian tertinggi kandungan proteinnya. Tapi ceker ayam juga memiliki kandunagn nutrisi yang dapat memenuhi asupan gizi kita. Dalam per 100 gram ceker ayam mengandung 215 kalori, 15 gram lemak, 19 gram protein, dan juga mengandung beberapa nutris lainnya seperti vitamin A, D, C, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Dikarenakan ceker ayam ini memngandung banyak nutrisi di dalamnya, sudah pasti ada manfaatnya untuk tubuh kita apabila mengonsumsinya. Manfaat dari cekeer ayam untuk tubuh kita di ataranya dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh. dapat mencegah kerapuhan pada tulang, emjaga kesehatan gusi, membantu proses penyembuhan. karena ceker ayam ini mengandung banyak kolagen dan mengandung vitamin C, ini sangat bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, dapat melindungi lagisan saluran pencernaan, memperkuat struktur tulang, dan menjaga fungsi tubuh.


Sekedar tambahan saja, selain memiliki beragam manfaat, ternyata ceker ayam juga (khusunya ayam broiler) memiliki akibat buruk untuk tubuh apabila sering dikonsumsi. Pasalnya, ketika saat ayam dipeternakan, ayam selalu diberi hormon tertentu ke dalamtubuhnya yang bertujun untuk mempercepat proses pertumuhannya. Hormon ini biasnya disuntikan pada bagian sayapnya,dan pada akhirnya hormon ini mengendap pada bagian ceker ayam. Untuk yang suka dan sering mengonsumsi sayap dan ceker ayam (khususnya wanita) dalam waktu yang lama rentan terkena kanker yang berkaitan dengan kelenjar hormon, seperti kanker rahim, kanker serviks, dan kanker payudara. 

Dari banyaknya bahaya yang mengancam dari mengonsumsi ceker ayam ini, apabila kita mengonsumsinya tidak berlebihan dan dalam takarany ang wajar ini tiak akan menggangu kesehatan tubuh kita. Lagi pula, semua yang berlebihan itu tidak baikm jadi konsumsi lah ceker ayam ini secukupnya saja.

Pembahasan mengenai manfaat dan bahaya dari mengonsumsi ceker ayam ini adalahsebagi ambahan untuk kamu-kamu yang belum tahu saja. Selanjutnya mari kita kemabali lagi ke tema pokok artikel ini yaitu mengenai resep membuat ceker ayam balado yang enak dan nikmat. Dari sekian banyak sajian olahan cekr ayam, kali ini saya akan menyajikan terlebih dahulu mengenai resep ceker balado. Alasan membuat artikel mengenai resep ceker balado ini adalah kebanyakan orang-orang terutama para kaum wanita biasanya menyukai yang pedas-pedas jadi dalam artikel ini saya saikan terlebih dahulu mengenai resep ceker balado. Selain ceker balado, masih ada beraga olaha ceker yang enak-enak, misalnya seperti ceker ayam kecap, ceker goreng ayam lengkuas, seblak ceker, dan masih banyak lagi hidangan yang menjadikan ceker sebagai bahan utmanya maupun sebagai bahan pelengkapnya.

Tanpa banyak berbasa-basi lagi, mari langsung saja kita ke materi mengenai resep membuat ceker balado yang enak dan nikmat tanpa ribet, silahkan dibaca dan disimak sampai selsai saja.

resep membuat ceker balado yang enak dan nikmat tanpa ribet
ilustrasi ceker balado / dok. pribadi


Bahan-bahan untuk membuat ceker balado:
  • 1 kg ceker ayam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
Bahan bumbu halus untuk ceker balado:
  • 20 buah cabai merah (dapat disesuaikan dengan selera)
  • 10 buah cabai rawit (dapat disesuaikan dengan selera)
  • 3 ruas kencur
  • 3 ruas jahe
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 sdm gula pasir
  • Gula merah secukupnya
Cara dan proses membuat ceker balado:
  • Langkah pertama bersihkan ceker ayam dari kuku-kukunya, kemudian cuci sampai bersih, sampai cekernya tidak licin.
  • Kemudian, letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan kompornya, masukkan ceker ayam ke dalam wajan, beri garam dan aduk-aduk sampai cekernya menjadi agak kaku, kemudian beri air sampai terendam, lalu rebus ceker ayam sampai lunak. Rebus ayam dengan menggunakan api sedang.
  • Setelah ceker ayam lunak, angkat dan tiriskan. kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  • Sementara itu kita haluskan semua bahan bumbu halus dengan menggunakan blender ataupun diulek. Haluskan bumbu sampai benar-benar halus.
  • Kemudian tumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma sedap, aduk-aduk supaya tidak gosong lalu masukkan daun salam dan daun jeruk.
  • Selanjutnya masukkan ceker dan beri 4 gelas air, aduk kembali sampai rata. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap ke dalam ceker.
  • Koreksi rasanya, apabila rasanya sudah pas, ceker balado pun sudah siap dihidangkan.
Hidangkan ceker balado ini dengan ditemani nasi hangat akan lebih nikmat. Nikmati bersama keluarga akan lebih nikmat lagi, sebab kita ddapat berbagi bersama orang-orang yang kita kasihi.

Nah, mungkin hanya itu sja yang dapat saya sampaikan pada kesempata kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang membaca dan untuk semua yang kebetulan tersesat dan sampai pada postingan artikel ini. Cukup sekian dari saya, dan sampai jumpa.

No comments for "Resep membuat ceker balado yang enak dan nikmat tanpa ribet"