Resep membuat ayam bakar enak seperti bikinan rumah makan yang dapat kamu buat sendiri di rumah

Resep membuat ayam bakar enak seperti bikinan rumah makan yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Ayam merupaka sumber makan penting bagi manusia. Selain sumber makana penting, ayam juga sebagai sumber bisnis yang begitu menggiurkan oleh sebagian orang untuk mencari keuntungan dari beternak ayam dan menjual hasil olahan dari ayam. Ada bermacam jenis ayam yang sering dibudidayakan di Indonesia, dari ayam yang dibudidayakan untuk dikonsumsi sampai ayam yang dibudidayakan untuk hiasan dan turnamen. Ayam yang biasa dikonsumsi di Indonesia adalah jenis ayam broiler atau ayam negri, ayam petelur dan ayam kampung. edangkan untuk ayam yang dibudidayakn untuk tujuan hiasan dan untuk turnamen adalah jenis ayam kate, ayam pelung, ayam cemani. dan ayam adu.


Di Indoneia, ayam merupakan sumber protein hewani yang utama di sampaing ikan, harganya yang relatif murah, sehingga dapat terjangku oleh orang-orang yang dari kalangan menengah ke bawah. Lain halny dengan sumber protein hewani yang lain, misalnya seperti daging sapi yang harganya relatif lebih mahal, menjadikannya kurang menjadi andalan untuk pemenuhan asupan protein hewani oleh sebagian besar penduduk Indonesia.


Walaupun harganya murah, ternyata daging ayam memliki beragam kandungan nutrisi yan tidak kalah banyaknya dibandingkan dengan daging sapi, namun secara kuantitas, gading sapi unggul dalam kandungan nutris. Tapi ini bukan berarti daging ayam rendah gizi. Ddaging ayam dala per 85 gram mengandung 102 kalori, 2 gram, lemak, dan 19 gram protein. Apabila dihitung dengan menyertakan kulitnya, kandungan nutrisinya bertamabah banyak, Yakni mengandung 366 gram kalori, 14 gram lemak, 4 gram lemak jenih, dan 55 gram protein. Apabila dibandingkenan dengan jenis daging yang lain, jumlah emak dalam daging ayam relatif lebih sedikit, ini menjadikan daging ayam aman apabila dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolerstrol yang tinggi. Apabila daging ayam ini dimasak, maka kandungan nutrisinya bertambah tinggi. dalam 85 gram daging ayam yang telah dimasak mengandung 364 gram kalori, 34 gram protein, 18 gram lemak, dan 13 gram karbohidrat. Dagian daging ayam yang memiliki kandungan protein paling tinggi dan paling baik adalah bagian dada. Tidak heran, apabila ada orang yang sedang membangung otot tubuhselalu dianjurkan memakan dada ayam yang dimasak secara direbus.


Ada banyak olahan daging ayam yang dapat kita konsumsi. Di Indonesia olahan daging ayam memang sangat banyak dan beraneka ragam. Mungkin ini karena Indonesia memiliki ragam budaya yang beranega ragam (multi kultural) yang menyebabkan beraneka ragampula dalam hal kulinernya. Di antara jenis olahan ayam khas daerah di Nusantara antara lain ada  ayam bekaka (hayam bakakak dari sunda (Jawa barat), ayam kesrut dari Banyuwangi, ayam betutu dan lawar ayam dari Bali, ayam paniki dan ayam bumbu hijau dari maluku, ayam taliwang dari Sumbawa, ayam tangkap dari Aceh, ayam woku, ayam tuturuga, dan ayam rica-rica  dari Manado,  ayam kalasan dari Jogja, ayam cincane dari Samarinda, Ayam goreng sasando dani Nusa Tengga Timur, dan ayam napidar dari Sumatra Utara.
 Dari sekian banyak olahan ayam khas Daerah Yang ada di Nusantara, ada juga olahan ayam khas Indonesia (yang telah umum dijumpai), misalnya seperti ayam goreng, ayam bakar, ayam bumbu kuning, satai ayam, soto ayam, dan masih banyak lagi berbagai jeni olahan berbahan dasar ayam yang tidak bisa saya sebutkan semuanya.


Dari sekian banyak olahan ayam yang sudah dicantumkan di atas. Ada satu jenis olahan ayam yang mungkin memliki banyak penggemarnya. Jenis olahan ayam itu adalah ayam bakar. Kenapa jenis olahan ayam ini banyak penggemarnya? Mungkin karena rasanya yang nikmat dan cara pembuatanya yang mudah menjadi kuliner ayam bakar ini menjadi hidangan yang selalu ada dalam daftar menu makanan di berbagai rumah makan dan restoran. Sampai sekarang ini ada berbagai variasi ayam bakar hasil kreativitas para praktisi kuliner dalam berinovasi. Di antara banyaknya jenis ayam bakar ini di antaranya ada ayam bakar Padang, ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar kecap, ayam bakar madu, ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar madu, dan masih banyak lagi varian ayam bakar yang bisa kamu dapatkan di Indonesia ini.


Untuk kamu penggemar olahan ayam pasti suka sekali memakan ayam bakar. Biasanya apabila kita menginginkan makan ayam bakar kita memiliki dua opsi, yaitu membeli dan membuatnya sendiri. Untuk kamu yang super sibuk dan menginginkan yang serba mudah dan simpel, pasti untuk bisa makan ayam bakar dengan cara membelinya. Beda halnya dengan orang yang kebetulan hobi masak, dia akan memebuatnya sendiri, selain untuk bisa memakan ayam bakar, dia juga bisa mendapat kepuasan tersendiri dari memasaknya saja. Tapi, biasanya ayam bakar buatan sendiri dan buata rumah makan atau restoran memiliki rasa yang berbeda jauh dengan yang kita buat sendiri. Ayam bakar buatan sendiri tidak seenak ayam bakar bikinan rumah makan. Apa sebabnya? Sebabnya mungkin dari penggunaan bumbu yang tidak memadai dan teknik mebakar ayamnya yang kurang tepat.


Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberkan resep mudah membuat ayam bakar enak seperti bikinan rumah makan yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Jadi untuk kamu yang kebetulan ingin membuat ayam bakar seenak ayambakar di rumah makan atau restoran, silahkan disimak saja artikel ini dan perhatikan bahan-bahan dan cara dalam proses pembuatannya sampai akhir artikel ini. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung saja ke pembahasannya.

resep membuat ayam bakar enak seperti bikinan rumah makan yang dapat kamu buat sendiri di rumah
Ayam bakar (sumber: Screenshot youtube/rosita susi)


Bahan utama:
  • 1 ekor ayam ukuran sedang (bisa ayam potong / ayam negeri atau ayam kampung)
  • 7 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 sendok makan air asam Jawa
  • 1 sendok makan serutan gula merah 
  • 2 batang serai, lalu memarkan
  • 4 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, lalu geprek
  • 4 lembar daun jeruk, lalu sobek-sobek
  • air putih /  air kelapa secukupnya.
Bumbu yang dihaluskan:
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri yang telah disangrai
  • 1 sendok makan ketumbar yang telah disangrai
  • Sedikit jahe dan kunyit
Cara membuat ayam bakar:
  • Langkah pertama potong-potong ayam sesai denga ruasnya, kemudian bersihkan sampai bersih hingga tidak ada gumpalan darah yang tertinggal.
  • Tumis bumbu halus dan tambahkan margarin, lengkuas, serai daun salam dan daun jeruk tumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma harum.
  • kemudian tambahkan serutan gula merah, kecap, dan air asam Jawa, lalu aduk sebentar.
  • Masukan potongan daging ayam ke dalam tumisan bumbu halus, lalu aduk-aduk sampai ayam berubah warna dan menjadi agak menegras dan kaku.
  • Tambahkan air, kemudian ungkep sampai airnya menyusut dan kental. Dalam mengungkep ayam gunakanlah api kecil, ini bertujuan supaya bumbunya menyerap ke dalam serat-serat daging ayam.
  • Setelah air rebusannya menyusut dan mengental, angkat daging ayam dan tiriskan
  • Dalam proses pembakaran ada dua cara, yaitu dibakar menggunakan bara api dan menggunkan teflon atau oven. kamu bisa memilih yang kiranya mudah untuk dilakukan. Antar kedua cara ini memiliki keunggulan masing-masing, ayam yang dibakar di atas bara api cenderung memiliki aroma yang lebih harum di bandingkan ayam yang dipanggang di atas teflon. Selain itu, ayam yang dipanggang di atas teflon lebih hiegenis ketimbang ayam yang dibakar di atas bara api.
  • Selanjutnya proses membakar ayam. Untuk ayam yang dibakar di atas bara api. Sebelum melakukan proses pembakaran, pastikan api yang akan digunakan telah membara, jadi dalam mebakar ayam tidakmenggunakan api yang berkobar sebab ini akan mengebabkan ayam menjadi gosong. Bakar ayam di atas bara api, gunakan api yang kecil dan kipas-kipas agar tidak gosong, sesekali olesi memnggunakan sisa bumbu dari prose mengungkep ayam tadi, bakar sampai ayam benar-benar berubah warna dan harum. 
  • Untuk ayam yang dipanggag di atas teflon. Langkah pertama, olesi teflon dengan memnggunaka margarin, kemudan panaskan. Setelah itu letakan ayam di atasnya, sesekali olesi dengan bumbu bekas rebusan ayam tadi. Panggang ayam sampai berubah warna dan harum.
  • Setelah selesai, sajikan ayam bakar dengan dilengkapi sambal dan lalapannya.
  • Ayam bakar paling cocok dinikmati dengan nasi putih hangat.
Nah, itu adalah resep membuat ayam bakar enak seperti bukinan rumam makan yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dalam hal mengolah bahan makan. menjadi orang yang pandai memasak adalah sesuatu yang sangat membanggakan. Dalam hal masak meamasak biasanya sangat identik dengan kaum wanita, tetapi laki-laki juga tidak salahnya untuk bisa memasak.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga artikrl bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu. Sekian dan terima kasih.



No comments for "Resep membuat ayam bakar enak seperti bikinan rumah makan yang dapat kamu buat sendiri di rumah"