Resep mudah membuat nasi kuning dengan menggunkan rice cooker

Resep mudah membuat nasi kuning dengan menggunakan rice cooker. Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Selain di Indonesia, nasi juga menjadi makanan pokok di beberapa negara, seperti malaysia, China, Jepang, Korea, dan Negara-negara Asia yang beriklim tropis dan Asia tenggara yang umumnya menjadikan nasi sebagai makanan utamanya. Selain di Negara-negara Asia tenggara dan asi lainnya, ada bebrapa negara lain yang menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya, seperti di beberapa bagian India, Iran, dan Arab, di sana ada suatu hidangan nasi yang terkenal, yaitu nasi kebuli.


Di Indonesia, umumnya nasi selalu dijadikan bahan makanan utama walaupun ada bahan lain yang dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, misalnya seperti, singkong, jagung, dan bahkan sagu. Saking menjadi makanan yang wajib ada, sampai-sampai ada istilah bahwa "belum dapat dikatakan makan, kalau belum makan nasi" walaupun mungkin telah memakan makanan jenis lain yang kadungannya sama dengan nasi (karbohidrat). Bahkan saking tidak bisa makan tanpa didampingi dengan nasi ada orang yang terbiasa makan mie bersama nasi, walaupun kita semua tahu bahwa kandungaa mie dengan nasi itu sama. Tapi kan ini sudah menjadi kebiasaan kita, kalau makan tanpa ditemani dengan nasi rasanya kurang sempurna.

Selain rasanya yang enak dan pulen, ternyata nasi memliki berbaga macan zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Di dalam nasi mengandung karbohidrat yang tinggi. Selain karbohidrat, di dalam nasi juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, protein, fosfor, zat besi, mangan, selium, dan magnesiaum. 


Sekedar tambahan saja, walaupun ada banyak kandungan nutrisi yang terkandung dalan nasi, ternyata mengonsumsi nasi (umumnya nasi putih) secara berlebiha dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, misalnya seperti obesita, diabetes, penyakit jantung, dan bahkan stroke. Tapi jangan khawatir, selama kita mengonsumsi nasi dalatakaran yang cukup dan tidak berlebihan, tidak akan membahayakan kita sebagai yang mengonsumsinya.

Ada banyak cara untuk memasak nasi menjadi berbagai varian yang sangat menggoda selera makan kita. Ada berbagai olahan nasi yang pesonanya telah menghipnotis banyak orang, seperti nasi kebuli, nasi liwet, nasi bakar, nasi goreng, nasi uduk dan nasi kuning. Bebagai varias nasi itu umumnya memiliki sensasi rasa khas yang dimilikinya. Di Indonesia, ada eberapa menu sarapan yang menjadikan nasi sebagai bahan dasarnya, seperti  nasi uduk, dan nasi kuning. Menu nasi ini sudah tidak asing lagi dan dengan mudah kita dapatkan untuk menu sarapa, terutama di pagi hari banyak penjual yang mejajakan nasi kuning dan nasi uduk.


Menu sarapan yang berbahan dasar nasi yang populer di Indinesia addalah nasi uduk dan nasi kuning. Kedua jenis olahan nasi ini sama-sama menggunakan santan dalam mengolahannya, namun nasi uduk dan nasi kuning  menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Yang jelas dalam nasi kuning menggunakan kunyit dalam proses pembuatannya, sedangkan dalam nasi uduk tidak menggunakan kunyit. Dan juga nasi kunig sering dijadikan bahan untuk membuat nasi tumpeng, walaupun ada juga nasi tumpeng yang menggunakan nasi putih. Di beberapa daerah, Khusunya di daerah saya (Sukabumi, Jawa barat) nasi kuning sering dijadikan sebagai nasi yang dimasak untuk syukuran. Rasanya belum afdol kalau syukuran tidak memasak nasi kuning, walaupun lauk yang melengkapi hanya suwiran telur dadar dan tempe orek saja, namun ini sudah memnjadi suatu tradisi yang mengakar di masyarakat.


Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbeagi resep membuat nasi kuni terlebih dahulu. Mungkin dalam kesempatan berikutnya saya akan menuliskan artikel lagi mengenai pembuatan nasi uduk. Di sini saya akan berbagi resep mengenai cara membuat nasi kuning dengan menggunkan rice cooker. Mungkin kita semua tahu, bahwa dalam pembuatan nasi uduk dan nasi kuning itu ribet dan membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Tapi dalam artikel ini,saya akan menyajikan cara membuat nasi kuning dengan menggunakan rice cooker agar simpel dan praktis. Mungkin dulu sebelum ditemukannya penanak nasi elektrik (rice cooker) dalam membuat nasi kuning ini sangat sulit dan ribet, kita harus memask nasi sampai beberpa tahap, tapi sekarang sangat mudah dan praktis, berkat kemajuan teknologi.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung saja pada pembahasan resep mudah membuat nasi kuning dengan menggunkan rice cooker, silahkan disimak saja dari awal sampai akhir postingan ini.

resep mudah membuat nasi kuning dengan menggunakan rice cooker
Nasi kuning (flickr)


Bahan-bahan untuk membuat nasi kuning:
  • 1/2 liter beras
  • 130 mili liter santan instan (santan kemasan)
  • 5 butir bawang merah
  • 1 ruas kunit sebesar jempol
  • 1 ruas lengkuas sebesar jempol
  • 3 batang serai
  • 10 lembar daun salam (bisa disesuaikan)
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh penyedap rasa (bila suka)
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • Air secukupnya untuk memasak beras, air bisa disesuaikan seperti memasak nasi biasa.
Cara dan proses membuat nasi kuning dengan rice cooker:
  • Langkah pertama cuci beras sampai bersih dengan menggunakan air bersih. Kemudian tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu.
  • Seteleah itu parut kunyit, potong besar-besar bawang merah, dan memarkan lengkuas dan serai dengan cara digeprek.
  • Selanjutnya panaskan wajan di atas kompor yang menyala, lalu beri minyak goreng, setelah minyak paas masukkan serai, potongan bawang merah, lengkuas, dan parutan kunyit lalu tumis sampai mengeluarkan aroma wangi.
  • Kemudian tambahkan air ke dalam tumisan bumbu tadi, kemudian masukkan juga santan instannya, aaduk-aduk sampai air mendidih.
  • Tuangkan larutan air bumbu tersebut ke dalam wadah berisi beras, selanjutnya masukkan daun salam dan nyalakan rice cooker dan aduk sampai rata. Kemudian tutup rice cooker sampai nasi matang.
  • Setelah masi matang, aduk kembali sampai rata. Jangan tutup rice cooker apabila nasi dalam keadaan masih panas, angin-anginkan terlebih dahulu spaya uap airnya hilang, apabila langsung ditutup ketika masih panas, ini akan menyebabkan nasi kuningnya cepat mudah basi.
  • Nasi kuning pun sudah siap disantap.
  • Nasi kuning dapat disantap dengan berbagai bahan pelengkap, seperti suwiran telur dadar, ayam goreng, tempe, tahu, sambal goreng, mentimun, kerupuk, dan lain-lain.
Nah, itu adalah resep membuat nasi kuning dengan menggunkan rice cooker. Bagi kamu yang tergugah untuk memasak nasi kuning untuk menu sarapan, bias diikuti cara-cara seperti yang tertera di atas. Pada dasarnya penggunaak rice cooker untuk memasak nasi biasa dengan nasi kuning adalah sama saja, cuman di tahap awalnya yang berbeda, dalam memasak nasi kuning kita harus membuat dulu air larutan bumbunya, beda halnya dengan memasak nasi biasa, kita hanya cukup menuangkan air biasa ke dalam beras dan langsung memasaknya. 

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada postingan ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan menambah refrensi idek memasak kamu, dan semoga artikel ini bermanfaat. sampai jumpa.

No comments for "Resep mudah membuat nasi kuning dengan menggunkan rice cooker"