9 makanan penyebab perut buncit

sensasi rasa
junk food / flickr

makanan merupakan kebutuhan pokok untuk kita bisa bertahan hidup, dari makanan pula tubuh mendapatkan nutrisi untuk melakukan metabolisme. nasi, merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, maka tidak heran kalau kita mersasa belum makan apabila belum menyantap nasi walaupun kita sudak memakan makanan yang memiliki kandungan yang sama dengan nasi, misalnya roti. selain sebagai kebutuhan pokok, makan secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan sepeerti obesitas, perut buncit, hipertensi, serangan jantung, kolesterol, dan masih banyak lagi gangguan kesehatan lainnya. selain itu maraknya makanan yang minim nutrisi yang sering kita konsumsi ini juga akan memperburuk kesehatan kita, makanan yang kadar gula, garam, lemak dan bahan pengawetnya yang tinggi memberi kontribusi yang nyata kepada masalah kesehatan kita di antaranya adalah menyebabkan perut buncit.

dalam artikel ini saya akan memaparkan jenis-jenis makanan yang harus dikurangi untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan perut buncit bahkan obesitas, mari kita bahas 9 makanan penyebab perut buncit di bawah ini.

1. makanan berkarbohidrat tinggi

karbohidrat merupakan zat makanan yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi, tetapi asupan karbohidrat yang berlebihan dapat menyebabkan lonjakan penumpukan lemak di bawah kulit terutama pada perut,dan sudah pasti ini akan membuat perut buncit. makanan yang mengandung karbohidrat tinggi di antaranya nasi putih, mie, roti, dan makan-makanan yang berasal dari tepung. untuk kamu yang sekarang lagi menjalankan program diet, kamu bisa mengganti nasi putih ini dengan nasi merah, karena nasi merah memiliki kandungan karbohidratnya lebih sedikit dan banyak mengandung serat dan vitamin. selain itu kamu juga jangan sekali-kali mecampurkan makanaa yang mengandung karbohidrat ini. di Indonesia mencampurkan nasi bersama mie adalah sesuatu yang biasa, namun kalau dilihat dari kacamata kesehatan ini sangat berbahaya, ini dapat menyebabkan obesitas, bahkan diabetes.

2. makanan cepat saji (junk food)

makanan cepat saji atau junk food ini mengandung lemak jenuh. kandungan minyak pada junk food ini sangat tinggi karena  dimasak dengan metode deep freid. selain memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, junk food juga mengandung kadar gula yang tinggi. apabila gula dalam jumlah besar masuk ke dalam tubuh dan oleh tubuh tidak terpakai untuk metabolisme, maka zat gula tersebut diubah menjadi lemak yang disimpat dalam tubuh. nah, ini akan membuat perut buncit. oleh karena itu kamu jangan terlalu sering mmengonsumsi makanan cepat saji, sering-seringlah mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan.

3. makanan tinggi garam

garam memang memberi pengaruh pada sensai rasa makanan, tanpa garam makanan akan terasa hambar. namun garam juga menjadi penyebab utama timbulnya lemak di perut, karena garama akan membuat tubuh menahan banyak air yang membuat kembung. terlalu seering mengonsumsi makanan yang mengandung garam akan menyebabkan kandungan lemak dan gula dalam tubuh meningkat, sehingga akan menyababkan kenaikan berat badan dan mengakibatkan perut buncit. makanan-makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi di antaranya mie instan, makanan kalengan, bikuit, produk keju, dan masih banyak lagi.

4. susu

selain sebagai minuman berkalsium tinggi dan menyehatkan tubuh, ternyata susu jua dapat menyebabkan perut buncit.susu mengandung banyak lemak seperti whole milk yang dapat memicu timbunan lemak yang dapat menagkibatkan perut buncit.selain itu susu juga mengandung laktosa yang tinggi yang dapat menyebabkan perut kembung intuk sebagian orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa.

5. makanan yang mengandung lemak tinggi

lemak dalam jumlah yang cukup sangat berguna bagi tubuh yaitu untuk mengikat vitamin yang terlarut dalam  lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. selain itu juga lemak berfungsi untuk memulihkan luka yang disebabkan oleh peradangan, menyusun kembali struktur komponen sel, dan menyediakan energi bagi tubuh. tetapi lemak jenuh dan lemak trans yang banyak terkandung dalam makanan cepat saji (junk food) dan makanan ringan dapat menyebabkan perut buncit. makanan cepat saji dan makanan ringan menggunakan lemak trans karena dapat menambah daya simpan makanan. selain lemak trans, ada juga lemak jenuh, lemak ini banyak dijumpai pada daging dan berbagai olahannya. oleh karena itu untuk kamu yang sedang melakukan diet supaya dapat mengurangi mengonsumsi daging, sebagai solusi kamu dapat beralih mengonsumsi ikan, karena ikan banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti asam lemak Omega 3, vitamin D dan B2, kalsium, fosfat, dan mineral.

6. olahan jus dalam kemasan

mungkin kita beranggapan mengonsumsi jus dalam kemasan dapat memenuhi kebutuhan nutris untuk tubuh. namun faktanya, olahan jus dalam kemasan mengandung kadar gula yang tinggi. dengan banyaknya kadar gula yang masuk ke dalam tubuh akan memacu insulin dalam tubuh yang mengakibatkan perut buncit.

7. potato chips

potato chips merupakan cemilan yang banyak digemari orang, rasanya yang enak membuat orang selalu ingin memakannya lagi dan lagi. berbanding terbakik dengan rasanya yang enak, faktanya potato chips ini diolah dengan menggunakan hydrogenated oils yang merupakan lemak jahat untuk tubuh. lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kolesterol, serangan jantung, dan kelebihan lemak dalam tubuh menjadi penyebab utama perut buncit dan obesitas.

8. minuman bersoda

minuman bersoda merupakan minuman yang banyak digemari banyak orang, rasanya yang segar sering dijadikan sebagai minuman penghilang dahaga. kandungan karbondioksida dalam minuman bersoda dapat menyebabkan penumpukan gas dalam perut, selain itu terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan menambahan lingkar pinggang, dan resiko memiliki perut buncit terbuka lebar.

9. margarin

jenis makanan yang dapat mengakibatkan perut buncit adalah margarin. margarin mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang mana tadi telah disinggung bahwa kedua jenis lemak ini dapat mengakibatkan kegemukan (obesitas) dan perut buncit.

dari pemaparan di atas sudah jelas bahwa 9 makanan penyebab perut buncit ini memiliki nutrisi yang rendah. sebaliknya, makanan ini mengandung banyak,lemak, gula, garam yang tidak baik untuk tubuh.nah, dari sekarang bijaklah dalam memilih makanan, sayangi tubuhmu, teringat suatu pepatah yang mengatakan bahwa " di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat", maknanya pengaruh makanan dapat memengaruhi jiwa kita.


1 comment for "9 makanan penyebab perut buncit"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, dan sesuai dengan materi bembahasan